Breaking News

Tanya Dokter Seputar Berat Badan: Cara Menurunkan Berat Badan


Tanya Dokter Seputar Berat Badan: Cara Menurunkan Berat Badan - Berat badan merupakan salah hal yang diperhatikan oleh pria maupun wanita, selain untuk mendapatkan tubuh ideal tetapi juga untuk kesehatan. Dengan berat badan ideal merupakan salah satu upaya untuk mengurangi penyakit pada tubuh. Tubuh yang terlalu gemuk akan menyebabkan beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, batu empedu, diabetes, gangguan pernapasan, radang sendi dan kanker. 

Untuk menghitung berat badan dengan membagi berat kilogram dengan tinggi badan dalam satuan meter, jika kurus atau berat badan kurang IMT kurang 18,5, normal dengan IMT 18,5 hingga 22,9, kelebihan berat badan IMT 23 hingga 24,9 dan obesitas IMT diatas 25 dengan tanya dokter seputar berat badan.



Berikut adalah cara menurunkan berat badan diantaranya:

  • Buah lemon dengan kandungan potassium akan meningkatkan massa otot, lemak jenuh akan terbakar dengan mengonsumsi perasan air lemon dengan air putih dingin.
  • Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dapat melakukan gerakan yang ringan dan seru serta nyaman untuk dilakukan bersama teman.
  • Kurangi asupan olahraga yang masuk tubuh, sebaiknya menggantinya dengan sayuran bernutrisi sehingga akan membantu kebutuhan energi dan jika merasa lapar ganti dengan cemilan sehat dan jus buah yang memiliki kalori dibawah 150.
  • Sebaiknya mengonsumsi pisang pada pagi hari untuk membuat tubuh mudah kenyang dan membantu metabolisme pencernaan tubuh menjadi lancar dan sekaligus menjadi masker banana.
  • Jangan lewatkan sarapan karena aktifitas seharian akan membuat tubuh lelah dan menjadikan asupan makanan dua kali lebih banyak.

Selain itu, konsumsi air putih sebanyak 2,2 liter jika tidak dapat menghabiskan satu botol dalam 3 jam dan urin berwarna kuning menjadi pertanda bahwa tubuh kekurangan cairan. Sebaiknya mengurangi asupan gula yang masuk dalam tubuh dapat menggunakan pemanas alami yang sehat. 

Sebaiknya tidak maka diatas jam 7 malam karena tubuh tidak beraktivitas setelah itu dan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna makanan, oleh karena itu lebih baik mengonsumsi sayuran dan buah. Pastikan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kegiatan dan pastikan kalori tubuh tercukupi dengan baik. Untuk membantu berat badan maka sebaiknya tidur cukup dengan baik.

Fakta tentang berat badan erat kaitannya dengan timbangan dimana tulang yang kuat, berat dan pada akan berpengaruh ketika ditimbang. BMI merupakan standar dalam mengukur berat ideal dan beberapa kondisi menyebabkan obesitas jika memiliki tulang lebih padat. 

Lemak dan otot jangan berlebihan akan membuat peningkatan metabolisme sehingga perlu keseimbangan otot dan kadar lemak untuk kesehatan. Lemak di perut sering dikaitkan dengan penyakit oleh karena itu wanita disarankan untuk memiliki ukuran pinggang 88 cm dan pria 100 cm.

Berikut adalah makanan untuk tubuh yang sehat dan langsing:

  • Telur yang membantu pengurangan angka timbangan dan membuat tubuh lebih lama kenyang dengan kandungan kalori rendah.
  • Sayuran hijau dengan kandungan serat tinggi dan memberikan vitamin, mineral dan kalsium untuk pembakaran dalam tubuh.
  • Apel untuk melangsingkan badan sehingga tubuh kenyang lebih lama dan menghilangkan rasa lapar.
Tanya dokter seputar berat badan menyarankan untuk mengonsumsi sup makan dengan kalori rendah dan membuat sayuran bergizi masuk dalam tubuh. Selain itu kandungan air didalamnya akan membantu energi pada tubuh lebih baik dan mengendalikan berat badan. Dapat juga mengonsumsi alpukat dapat dicampur dengan sayuran lain menjadi salad sehingga akan membantu menurunkan kolesterol jahat tubuh.

Tidak ada komentar