Breaking News

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Pinjaman Kilat Online

Hal-hal yang Harus Diketahui Sebelum Mengambil Pinjaman Kilat Online - Siapa yang tidak tergiur dengan maraknya tawaran pinjaman kilat online, iklan di TV menawarkan hal tersebut, begitu juga dengan iklan di media cetak sampai dengan internet. Menjanjikan kemudahan untuk bisa mendapatkan hutang secara online. 

Sehingga membuat banyak orang yang tidak berpikir dua kali untuk segera mengajukan pinjaman yang dimaksudkan. Apalagi di tengah kondisi ekonomi yang tidak stabil seperti sekarang ini. Banyak yang pemasukannya seret, termasuk juga yang kehilangan pekerjaan sehingga membuat mereka menganggur.

 


Sejalan dengan hal tersebut maka banyak perusahaan keuangan online yang justru berlomba-lomba menarik perhatian masyarakat dengan penawaran pinjaman. Plafonnya besar dan kemudahan dalam apply. Hanya saja sebagai debitur yang cerdas hendaknya Anda tidak asal apply jika tak ingin menyesal. Mengingat sekarang ini ada begitu banyak diantara lembaga keuangan online yang tidak terpercaya, istilahnya adalah ilegal, sehingga merugikan masyarakat.

Berikut ini sekilas hal-hal yang patut untuk Anda ketahui terkait dengan pinjaman secara online tersebut, yaitu:

Produk pinjaman berbasis KTA,

jika Anda bertanya mengenai jenis pinjaman seperti apakah yang ditawarkan secara online. Maka jawabannya adalah pinjaman berbasis Kredit Tanpa Agunan. Tampak begitu menggiurkan bukan, mengingat Anda bisa mendapatkan sejumlah uang pinjaman tanpa harus menyertakan adanya agunan dalam bentuk apapun. Siapa saja pastinya tertarik dengan hal ini. 

Apply mudah secara online lewat aplikasi,

khusus untuk mengajukan pinjaman secara online ini juga tidak serumit ketika Anda mengajukan pinjaman secara langsung. karena tanpa harus datang ke bank atau lembaga keuangan tersebut, maka nantinya sudah bisa mengajukan kredit. Yaitu cukup dengan mendownload aplikasinya dan dilakukan pendaftaran online.

Prosesnya cepat,

bahkan tidak memakan waktu yang lama sampai nantinya uang pinjaman tersebut akan dicairkan kedalam rekening Anda. Tidak seperti mengajukan pinjaman secara langsung ke bank. Dimana mulai dari berkas-berkas yang diminta sebagai syarat wajib begitu banyak, Anda harus datang mengantri, melalui sesi interview baru nantinya akan diputuskan apakah apply diterima ataukah tidak. Sehingga kurang cocok bagi yang tengah membutuhkan dana darurat.

Plafon pinjaman relatif kecil,

berbicara mengenai jumlah maksimal uang yang dapat Anda pinjam secara online ini nyatanya memang tak sebesar ketika meminjam secara langsung ke bank, nominalnya kisaran mulai dari 1 juta hingga yang paling besar berani menawarkan plafon 50 juta rupiah, tidak seperti bank yang sampai milyaran rupiah. Karena plafonnya sendiri relatif kecil maka tenor yang diberikan juga pendek.

Beban biaya bunga dan biaya-biaya tambahan besar,

bisa dibanding-bandingkan sendiri antara produk pinjaman uang secara langsung dan juga online, berapa perbandingan bunga yang ditawarkan. Jauh lebih besar ketika Anda mengambil pinjaman berbasis online. Apalagi memang jenisnya adalah KTA atau tanpa agunan.

Resiko penyalahgunaan data,

karena sistemnya online maka Anda juga tidak akan tahu nantinya data yang diberikan tersebut akan dipakai untuk apa. Faktanya sendiri memang banyak orang yang merasa bahwa data mereka disalahgunakan. Disebar kepada orang lain. Apalagi ketika tidak kunjung membayar hutang.

Itulah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui sebelumnya, sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman kilat online. Ingat bahwa tidak semua lembaga keuangan online ini juga sudah legal. Faktanya ada begitu banyak diantaranya yang belum terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan.

Tidak ada komentar